Tuesday, March 26, 2013

MENJALANKAN UBUNTU 11.10 DARI FLASH DISK



Seorang Linuxer sejati sangat lekat dengan OS Linux di aktivitas berkomputernya. Nah, bagaimana kalau laptop/PC tempat kamu biasa nge-linux sedang tidak bisa digunakan? atau kamu sedang berada di sebuah tempat dimana semua komputer terinstalasi sistem berlogo jendela? tentu mati gaya bukan?
Supaya kamu tidak mati gaya, siapkan sejata andalanmu pada sebuah perangkat yang bisa ditenteng. Syaratnya mudah ditenteng ya? kan sudah banyak live CD? jaman sudah selangkah lebih maju bro. Gunakan saja USB Flash disk. Banyak keuntungannya kan kalau pakai USB Flash disk? bentuknya yang lucu, media simpan yang gede serta gampang dimasukkan ke dalam saku atau dijadikan kalung sekalian buat gaya.
Bagaimana caranya kalau pingin menyiapkan USB Flash disk yang berdistro linux kesayangan? Pertama kamu harus menyiapkan Flash disk ukuran minimal 1 GB (lebih besar lebih baik, murah kok). Cari perangkat lunak yang bisa membuat boot loader dan bisa mengekstrak file ISO ke dalam Flash disk. Kemudian pilih ISO yang kamu sukai. Itu kira-kira gambaran yang harus kamu lakukan.
Oke, misal kamu sudah punya Flash disk, selanjutnya pilih alat yang digunakan untuk membuat Flash disk kamu ber-Linux. kita akan mencoba menggunakan UNetbootin sebagai alat andalan. Aplikasi ini bisa diunduh dihttp://unetbootin.sourceforge.net/. Pilih aplikasi berbasis Windows, Linux atau Mac OS sebagai induk saat membuat Flash disk ber-Linux. Jika mesin kamu bersistem operasi Windows, maka akan didapat file unetbootin-windows-563.exe (mungkin suatu saat berbeda).

Setelah pilih distro Linux mana yang akan jadi gacoan. Hmm.. terlalu banyak distro bertebaran di muka bumi ini. Mulai dari distro untuk para geeks (tahu artinya kan?) seperti Slackware maupun distro rakitan lokal yang dibuat oleh berbagai organisasi.
Nah kita pilih saja distro teranyar yang baru dirilis. Yaitu Ubuntu 11.10 dengan Oneiric Ocelot. Kenapa dipilih Ubuntu? Salah satu alasan yang terkuat adalah Ubuntu lebih fleksibel dan kompatibel di segala jenis komputer. Tampilannya juga cukup mudah dipahami dan sederhana.
Download file ISO yang dibutuhkan dari situs http://www.ubuntu.comkemudian pilih ISO untuk instalasi di CD atau USB Flash disk atau USB Stick. Jika semua alat yang dibutuhkan sudah lengkap, saatnya kamu beraksi.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat Flash disk berisi Ubuntu 11.10 (Oneiric Ocelot):
1. Siapkan file ISO Ubuntu kamu pada folder tertentu. Nama file ISO adalahubuntu-11.10-desktop-i386.
2. Format USB Flash disk kamu dengan format FAT atau FAT32. Lebih aman menggunakan FAT karena lebih dikenal BIOS komputer jadoel.
3. Jalankan aplikasi unetbootin-windows-563.exe. Arahkan mouse ke nama file kemudian kemudian klik kanan dan klik run as administrator. Akan muncul tampilan layar seperti gambar dibawah ini:

4. Ada dua pilihan.
Distribution jika kamu ingin memilih distro dan langsung download file ISO dari internet. Pilihan ini hanya untuk yang memiliki bandwidth dewa.
Pilihan kedua Diskimage. Digunakan jika kamu sudah memiliki file ISO di dalam komputer kamu. Perlu diperhatikan, gunakan pilihan Type: USB Drive.
5. Jika sudah ditentukan pilihan yang kamu sukai, klik tombol OK. Maka proses pembuatan akan segera dijalankan.

6. Tunggu sampai proses selesai. Akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Lakukan Reboot komputer kamu.

7. Pada saat proses reboot, pastikan kamu masuk ke dalam BIOS komputer. Lakukan perubahan pada booting setting. Pilih USB Drive sebagai sumber booting pertama. Jika sudah diatur seperti itu, simpan BIOS dan lakukan reboot ulang. Jangan lupa tetap tancapkan USB Flash disk kamu.
8. Proses booting akan dilakukan dengan menggunakan USB Flash disk kamu dan voila! Ubuntu sudah bertengger dengan manisnya tanpa perlu melakukan fresh install pada komputer kamu.

Cukup mudah, bukan? Semoga tutorial singkat ini bisa bermanfaat bagi kamu.

0 comments:

Post a Comment

newer post older post Home

shoutbox

Ads 468x60px

vortex

game online

Featured Posts

tox box


hamster

Social Icons