Sunday, April 7, 2013

Install DHCP server pada ubuntu


Untuk menyelesaikan panduan saya “Cara Install Dan Konfigurasi Squid sebagai Transparent Proxy”, Anda akan membutuhkan sebuah server DHCP pada server juga. Jadi semua klien Anda akan memiliki titik gateway yang sama ke Server Squid. Dalam kasus i saya menginstal server proxy (Squid) dan server DHCP pada komputer yang sama. Tetapi jika Anda ingin menginstall di mesin yang terpisah, Anda masih bisa menggunakan tutorial ini. Penggunaan DHCP di sini adalah ke titik semua gateway klien Anda ke server proxy squid sehingga bisa bekerja dengan benar.
Aku punya contoh kasus seperti ini: saya punya PC sebagai router yang saya install proxy squid dan dhcp server. PC saya memiliki kartu jaringan 2 eth0 terhubung ke Lan lokal, dan eth1 terhubung ke modem yang terhubung ke Internet. Alamat saya adalah eth0 172.16.144.1 (ini akan menjadi ip gateway).
Ok sekarang mari kita mulai menginstal server dhcp, folow langkah-langkah ini:
1.  Buka terminal anda dan ketik perintah ini:    apt-get install dhcp3-server
2. Buka file /etc/default/dhcp3-server dengan perintah ini:  pico /etc/default/dhcp3-server
Cari baris ini INTERFACES = “eth0″
Ubah baris yang sesuai dengan kartu jaringan Anda, dalam kasus saya ini adalah eth0 jadi saya tidak harus mengubah itu.
3. Buka file / etc/dhcp3/dhcpd.conf dengan perintah ini:   pico /etc/dhcp3/dhcpd.conf
Membuat konfigurasi seperti di bawah ini:
subnet 172.16.144.0 netmask 255.255.255.0 {
range 172.16.144.100 172.16.144.200;
option domain-name-servers 172.16.144.1;
option domain-name “yourdomain.com”;
option routers 172.16.144.1;
option subnet-mask 255.255.255.0;
option broadcast-address 172.16.144.255;
default-lease-time 21600;
max-lease-time 43200;
}
Simpan file dan tutup.
4. Restart dhcp server dengan perintah ini:  /etc/init.d/dhcp3-server restart
Selesai, sekarang uji klien Anda. Dan lihat apakah komputer klien Anda bisa mendapatkan ip dari dhcp dan juga menguji apakah fungsi proxy server dengan benar.

 Cheers dan Good luck.

0 comments:

Post a Comment

newer post older post Home

shoutbox

Ads 468x60px

vortex

game online

Featured Posts

tox box


hamster

Social Icons