Thursday, May 30, 2013

Sebagian Macam-macam Rilis Distro

Berikut sebagian macam-macam linux yang telah di Rilis, ada pun tutorialnya tapi hanya bagian linux saja bukan untuk windows
http://www.unixmen.com/create-a-local-repository-on-unbuntu-13-04-server/
2012-02-01: DEFT Linux 7
Rilis DEFT Linux 7 yang diumumkan Stefano Fratepietro, sebuah distribusi live DVD berbasis Ubuntu mengemas aplikasi untuk testing penetrasi sistem dan jaringan, seperti juga untuk analisis forensik. DEFT kali ini menyertakan DART (Digital Advanced Response Toolkit), sebuah antarmuka grafis yang menangani eksekusi respon insiden. Fitur utama pada rilis kali ini adalah: berbasis Lubuntu 11.10 dan bisa diinstall, menyertakan kernel 3.0, mendukung USB 3, Libewf 20100226, Afflib 3.6.14, TSK 3.2.3, Autopsy 2.24, Digital Forensic Framework 1.2, dan PTK Forensic 1.0.5 edisi DEFT. Rincian mengenai rilis ini dapat dibaca di siaran pers termasuk daftar lengkap utiliti yang disertakan.
2012-02-02: IPFire 2.11 Core 56
Pengembang utama IPFire Michael Tremer telah merilis IPFire 2.11 Core 56, yaitu sebuah rilis stabil dari distribusi Linux khusus Firewall. Fitur baru terpenting di rilis ini adalah image pre-install yang dapat memperbesar partisi saat boot pertama. Andaikan Anda menggunakan SD Card 8GB, anda dapat melakukan instalasi image sebesar 2GB dan memanfaatkan seluruh spasi yang ada di SD card tersebut. Sebagai catatan kini dibutuhkan flash media dari minimal sebesar 1 GB menjadi 2 GB karena partisi “/” terlalu kecil untuk melakukan instalasi add-ons yang lebih besar. Update OpenSSL ke versi 0.9.8t memperbaiki celah keamanan yang bisa dieksploitasi untuk melakukan serangan denial of service (DoS). Baca pengumuman rilis dan dapatkan daftar lengkap perbaikan yang dilakukan di rilis ini.
2012-02-03: PCLinuxOS 2012.2
Bill Reynolds mengumumkan rilis PCLinuxOS 2012.02 sebagai perbaikan terkini dari proyek pengembangan distro ini. Rilis ini tidak menyediakan fitur baru dan masih menggunakan versi kernel Linux 2.6.38.8 dan desktop KDE 4.6.5. Penerbitan cetakan CD ini merupakan perbaikan berkala kuartalan berupa LiveCD 32-bit yang juga dapat dipasang di komputer 64-bit. Fitur-fitur di rilis ini termasuk: Kernel Linux 2.6.38.8bfs untuk kinerja desktop maksimal, desktop KDE 4.6.5 yang lengkap, dukungan driver NVIDIA dan ATI fglrx, dukungan pemutar multimedia untuk banyak format popular, dukungan wireless untuk banyak devais jaringan, dukungan printer untuk banyak printer lokal dan printer jaringan. Addlocale memungkinkan CLinuxOS untuk diterjemahkan ke 60 bahasa dunia. Rincian lebih lanjut dapat dibaca di pengumuman rilis.
2012-02-03: Linux Mint 12 “KDE”
Pimpro Clement Lefebvre mengumumkan rilis dari Linux Mint 12 edisi “KDE” yang hadir dengan software terbaru dan membawa perbaikan dan fitur-fitur agar desktop lebih nyaman digunakan. Edisi ini hadir dengan KDE versi terbaru 4.7.4. Penerbitan ini merupakan rilis pertama untuk Linux Mint menggunakan image ISO hibrida. Untuk melakukan instalasi Linux Mint via USB biasanya dibutuhkan tool seperti ‘Startup Disk Creator’ atau ‘Unetbootin’. Menggunakan image hibrida cukup menggunakan perintah dd atau antarmuka grafis untuk membuat flash disk boottable yang jalan seperti sebuah live DVD. Informasi lebih lanjut berikut data tentang sistem yang dibutuhkan dirinci di pengumuman rilis dan halaman what’s new.
2012-02-03: Salix OS 13.37 “Live Xfce”
Pimpinan proyek Cyrille Pontvieux mengumumkan rilis Salix OS 13.37 edisi “Live Xfce”. Salix OS adalah distribusi Linux berbasis Slackware yang kali ini menggunakan Xfce versi terbaru sebagai desktop. Rilis ini tersedia baik untuk arsitektur 32-bit maupun 64-bit dan dicanangkan akan menjadi basis untuk pengembangan edisi-edisi lain Salix Live, baik dengan desktop KDE, LXDE maupun Fluxbox. Edisi ini telah dikembangkan dengan sistem baru SaLT (Salix Live Technology) sebagai live tool bagi distribusi berbasis Slackware yang dikembangkan oleh tim Salix untuk membangun live CD lebih dinamis hanya dengan modifikasi kecil dari sistem host. Versi live ini menyertakan aplikasi dan paket yang sama dengan Salix OS Xfce 13.37 regular. Informasi lebih drinci tentang rilis ini dapat dibaca di siaran pers.
2012-02-07: Sabayon Linux 8
Distribusi berbasis Gentoo Linux: Sabayon versi 8 telah rilis diumumkankan oleh pengembangnya Fabio Erculiani. Rilis baru ini menggunakan Kernel Linux 3.2, GCC 4.6 dan mendukung sistem berkas Btrfs. Media Sabayon 8 tersedia masing-masing dengan lingkungan-lingkungan desktop Gnome 3.2.2, KDE 4.7.4 (Versi 4.8.0 disedia di lumbung Testing-Repository) dan Xfce 4.6. Di lumbung yang sama juga tersedia desktop alternatif seperti Cinnamon dan Razor Qt untuk dimanfaatkan. Diantara aplikasi yang disediakan, termasuk Libre Office 3.4.4, Java 7 dan XBMC 10.1. Seluruh paket software untuk Sabayon yang telah tersedia baik untuk arsitektur i686 maupun x86_64 kini telah mencapai 12.000 paket. Informasi lebih rinci dapat dibaca di pengumuman rilis versi ini.

2012-02-10: AV Linux 5.0.3
Glen MacArthur mengumumkan rilis distribusi AV Linux 5.0.3 yang berorientasi multimedia menggunakan Debian GNU/Linux sebagai basis. Kernel khusus yang disertakan memiliki latensi rendah demi kinerja audio yang lebih baik. Rilis yang dijuluki “Tube” ini merupakan update cetakan ISO terakhir dalam seri 5.0 dan untuk pertama kalinya disertau dengan screencast di Youtube (tiga episode) yang menjelaskan apa saja yang baru di AV Linux 5.0.3. Paket yang disertakan pada rilis ini diantaranya adalah Kernel 3.0.16 asal Trulan Martin, Iceweasle 9.0.1, gThumb menggantikan GPicview, dukungan yang lebih baik untuk OOTB M-Audio Fast Track Pro 24-bit, PEQ-2 demo asal LinuxDSP, beberapa skrip dan update penting untuk nyaris semua editor video yang disertakan. Kernel Linux 3.0.16 ini menyertakan perbaikan USB duplex, dukungan kinerja CPU default saat komputer menggunakan aliran listrik AC (PLN) dan on-demand untuk laptop yang menggunakan baterai. Silakan membaca informasi lebih rinci mengenai rilis ini di siaran pers yang berisi changelog lengkap.

2012-02-12: Chakra GNU/Linux 2012.02
Anke Boersma mengumumkan rilis versi Chakra GNU/Linux 2010.02 dengan nama kode ‘Archimedes’. Rilis ini merupakan salah satu distro yang pertama menggunakan desktop KDE 4.8 terbaru disamping menyertakan kernel Linux 3.2.2, sekaligus memperkenalkan theme baru Ronak. Paket dasar yang disertakan termasuk Qt, boost, Subversion, Phonon packages, dan libxcb stack. Chakra beralih menggunakan GRUB 2 agar lebih kompatibel dengan sistem operasi lainnya. Disamping DVD, Chakra menerbitkan edisi CD. Pada edisi CD pengguna hanya mendapatkan desktop KDE minimal berikut sebuah text editor, file manager, web browser dan a simple media player. Sementara untuk edisi DVD disertakan semua paket bahasa, alplikasi standard KDE yang lengkap, LibreOffice 3.4.5, Amarok, dan lainnya. Keterangan lebih rinci ditulis di pengumuman rils.
2012-02-13: Frugalware Linux 1.6
James Buren telah mengumumkan rilis dari Frugalware Linux 1.6, merupaka rilis ke enam belas sebuah distribusi umum, baik untuk desktop maupun server. Tidak ada penambahan fitur sejak versi 1.6rc2, namum sekitar 93 perbaikan telah dilakukan untuk meluruskan kekliruan minor. Diantara perubahan terpenting sejak versi 1.5 adalah: Linux kernel 3.1.10, X.Org Server 1.11.2, GNOME 3.2, KDE 4.7, LibreOffice 3.4.5, dan Mozilla Firefox 10.0. Cetakan ISO i686 dan x86_64 ISO kini hybrida tanpa perlu lagi menyediakan cetakan khusus untuk USB. Software CPUpower dapat digunakan untuk mengkonfigurasi dan menelola CPU power. Dukungan UEFI/EFI untuk i686 dicabut. UUIDs kini digunakan oleh installer ketika membuat /etc/fstab pada instalasi baru. Baca selebihnya di pengumuman rilis yang memuat daftar fitur selengkapnya dan panduan untuk upgrade.
2012-02-14: Finnix 104
Ryan Finnie mengumumkan rilis dari Finnix 104, sebuah distribusi kecil a small, mandiri, distribusi bootable untuk administrator sistem, berbasis cabang testing dari Debian GNU/Linux. Finnix 104 adalah rilis pemeliharaan dan roll-up, termasuk memperbaharui software asal Debian, kernel Linux 3.2, beberapa update fungsionalitas dan banyak meluruskan kekliruan (bug fixes). Fitur baru terpenting adalah kernel Linux 3.2. Baca pengumuman dan catatan rilis untuk informasi yang lebih rinci.

0 comments:

Post a Comment

newer post older post Home

shoutbox

Ads 468x60px

vortex

game online

Featured Posts

tox box


hamster

Social Icons